Kelebihan lemak tingkatkan risiko kanker

Banyak orang yang mengetahui bahwa kelebihan berat badan buruk untuk kesehatan. Namun penelitian terbaru menunjukkan bahwa kelebihan lemak di perut bisa menyebabkan hal yang lebih berbahaya, yaitu meningkatkan risiko kanker dan penyakit jantung.
Hal ini diketahui peneliti setelah melakukan CT scan pada lemak perut 3.000 orang Amerika berusia 50 tahun selama tujuh tahun. Selama penelitian diketahui terdapat 90 kasus penyakit jantung, 141 kasus kanker, dan 71 kematian. Peneliti kemudian menyimpulkan bahwa kelebihan lemak di perut berkaitan dengan tingginya risiko penyakit jantung dan kanker.
Hasil penelitian ini berkemungkinan untuk menjelaskan mengapa orang dengan BMI (index massa tubuh) yang sama memiliki penyakit yang berbeda-beda berkaitan dengan obesitas.
"Berbeda dengan penelitian sebelumnya yang membandingkan BMI serta ukuran pinggang, tampaknya lemak pada perut bisa digunakan untuk memprediksi risiko penyakit jantung," ungkap ketua peneliti Dr Caroline Fox dari US National Heart, Lung, and Blood Institute's Laboratory for Metabolic and Population Health, seperti dilansir oleh US News (10/07).
Meski penelitian ini menemukan kaitan antara kelebihan lemak pada perut dan risiko penyakit jantung serta kanker, namun penelitian ini belum bisa menunjukkan kaitan sebab akibat.

Sumber: http://www.merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar